Strategic Public Relation

STRATEGIC PUBLIC RELATION

Di kalangan pembisnis dan pengusaha di Indonesia, Public Relations masih salah dipersepsi bahwa kegiatan Public Relations merupakan sekedar “Pemadam kebakaran” bila terjadi krisis di perusahaan dan menganggap ilmu dan profesi Public Relations di luar manajemen serta sekedar tambahan dalam memajukan marketing sebagai usaha persuasi dan penampilan yang apik bagi organisasi perusahaan. Dalam pelatihan 2 hari ini akan dipelajari dan dipraktekan perlunya merancang strategi agar ilmu dan kecakapan melaksanakan kegiatan Public Relations agar pesan-pesan yang disampaikan akan diikuti oleh publik yang dituju dan bermakna sebagai bagian manajemen perusahaan. Arti Public Relations bukanlah sekedar usaha persuasif, dalam pelatihan ini arti public relations akan diuraikan peserta dapat memahami kemudian dapat menyusun strategi Public Relations bagi organisasi perusahaan lebih mantap sehingga mencapai hasil yang dapat diukur.

Public Relations harus dirancang secara sistematis, maka Public Relations merupakan salah satu bagian manajemen yang strategis dan dapat menjadi koalisi dominan dalam organisasi, mengacu pada James Gruning dalam bukunya yang sangat terkenal Manager’s Guide in Excellent Public Relations & Communications. Konteks koalisi dominan dalam manajemen perusahaan dipelajari dalam pelatihan ini dan peserta dilatih dalam pengetrapannya dalam kasus yang sedang dihadapinya. Sesungguhnya Public Relations bukanlah sekedar Media Relations, meskipun pengetahuan Media Relations harus dikuasai oleh praktisi Public Relations.

Tuntutan pemilik perusahaan dan investor sekarang di indonesia, agar manajemennya harus mampu berkomunikasi sebaik mungkin menghadapi saingan dan sanggup berkiprah mempertahankan serta mengembangkan nilai ekonomis perusahaan. Hal ini dapat terlaksana antara lain bila public relations ditempatkan dan diikutkan penuh dalam pengelolaan perusahaan. Terapan ilmu komunikasi yang merupakan induk Public Relations dituntut mengikuti perkembangan sehingga para pemain yang berperan dalam Public Relations tidak lagi disebut Public Relations Officers namun VP Communication yang berkantor di Divisi Komunikasi.


OUTLINE PELATIHAN

  • pemahaman ilmu komunikasi sebagai pokok pohon Public Relations
  • Pengertian Public Relations dalam manajemen perusahaan
  • Menajemen Strategis Public Relations
  • Peran public relations dan transformasi budaya perusahaan di Indonesia
  • Peran public relations dalam mempertahankan dan meningkatkan Citra dan reputasi
  • Media Relations dan PR Writing
  • Peran public Relations dalam corporate social Responsibility (CSR)
  • Menajemen issue dan manajemen Krisis dalam penanganan Public Relations
  • Bagaimana Monitoring & Evaluating Public Relations Programs

TARGET PESERTA

  • Umum

METODE

Program ini dilaksanakan secara kreatif dan menyenangkan dengan mengkombinasikan metode

  • Lecture (30%)
  • Hands on experience (50%)
  • Observable Pratice (20%)